Selasa, 01 Februari 2011

Crop Circle Sleman, Buatan Manusia kah ??

      Minggu-minggu ini, masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Jogja dikejutkan oleh penemuan sebuah 'tanda' di lahan persawahan milik warga. Tanda yang terkenal dengan nama crop circle ini mampu menarik ratusan bahkan ribuan pengunjung untuk datang langsung ke lokasi, crop cricle yang pertama kali terdokumentasikan di Indonesia (karena saya yakin, ini adalah kesekian kalinya cc ada di Indonesia) juga cukup membuat tanda tanya besar di benak semua kalangan masyarakat, namun ada pula yang acuh tak acuh dengan fenomena ini. 

Secara tak disadari pula, hal ini sangat mengejutkan instansi yang bersangkutan dengan fenomena alam ini, yaitu Lapan dan lembaga lain yang tak selang lama langsung melakukan penelitian di TKP. Kini yang jadi pertanyaan utama ialah, siapakah kreator crop circle ini ? Manusia ? Jika ya, lalu siapa yang mampu membuat suatu karya megah nan indah yang sangat rapi (sebelum diinjak manusia) ini ? Saya meragukan apabila yang membuat CC ini ialah :
  1. Lokasi sangat gelap saat malam
Hal ini membuat siapa saja, jika manusia yang membuat haruslah membawa cukup penerangan untuk membuat karya semegah itu, dengan diameter 70 meter. Dan, jika mereka membawa penerangan (yang tidak sederhana) pastilah ada warga sekitar yang melihat gerak-gerik mereka, namun menurut keterangan warga sekitar, tak ada aktivitas manusia pada malam sebelum iketemukannya CC ini. 

  2. Kondisi sawah dan lingkungan sekitar becek, setelah hujan lebat

Dengan kondisi sawah becek dan juga kondisi sekitar yang juga serupa, jika manusia yang membuat pastilah ada jejak tertinggal di sawah tersebut, yaitu berupa kondisi sawah yang 'njeblos' atau dengan kata lain bekas kaki tertancap di sawah tersebut, ataupun bekas jejak kaki manusia pada jalan menuju sawah tersebut. Namnu, pada kenyataannya tak diketemukan satu jejak pun, pada pagi hari menurut pengakuan orang pertama yang melihat crop circle tersebut.



Untuk sementara ini, saya berikan 2 poin diatas dahulu, sementara saya masih berusaha mengumpulkan data-data terkait., walaupun sawah tempat CC ditemukan tersebut sudah dipanen oleh pemiliknya.

0 komentar:

Posting Komentar